Home » Pencegahan » Pencegahan Kanker Paru-paru

Pencegahan Kanker Paru-paru

Posted at June 30th, 2012

Pencegahan Kanker Paru-paru dilakukan agar kita terhindari dari penyakit kanker paru-paru. Kanker paru-paru adalah penyakit pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam jaringan paru-paru. Pertumbuhan ini dapat menyebabkan metastasis, invasi ke jaringan sekitarnya dan infiltrasi di luar paru-paru.

Pencegahan Kanker Paru-paruKanker paru-paru merupakan salah satu kanker paling umum di dunia yang dapat mempengaruhi setiap orang dan sulit untuk diobati. Itu sebabnya kita harus berusaha mencegah dari penyakit yang mengerikan ini. Untungnya, kanker paru-paru juga merupakan salah satu jenis kanker yang dapat dicegah. Dengan menghindari faktor risiko tertentu pencegahan kanker paru-paru dapat secara signifikan mengurangi resiko terkena kanker jenis ini.

Gejala yang timbul pada penyakit kanker paru-paru tergantung pada letak pertumbuhan dan tingkat penyebaran tumor. Banyak kasus kanker paru yang tidak menunjukan gejala pada awalnya. Berikut adalah gejala penyakit kanker paru-paru : Mulai batuk-batuk sampai berminggu-minggu dan kadang-kadang sampai menahun sehingga suara menjadi parau.

Nafsu makan tidak ada, menyebabkan berat badan berkurang. Nyeri terasa di dada dan diikuti dengan keringat dingin di waktu malam hari. Waktu bernafas dada terasa sesak. Dahak terlihat bercak-bercak karena telah bercampur dengan darah.

Untuk mendiagnosa kanker paru-paru selain dengan melihat gejala-gejala dan pemeriksaan fisik juga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, diantaranya yaitu : Pemeriksaan radiologi (sinar X) pada dada, untuk mengetahui perkembangan tumor. Sitologi dahak (sputum sitology), menganalisis sel dalam sputum. CAT scan pada dada, Bronchoscopy, untuk mengetahi besar dan lokasi tumor Biopsi jarum dari paru-paru dapat mendeteksi tumor dan bagian luar dari paru-paru. Dapat mengdiagnosa 80% dari penderita kanker. Biopsi jaringan (mengangkat dan menganalisis jaringan yang terkena). Thoracosentesis (mengeluarkan cairan dari rongga dada).

Beberapa langkah pencegahan kanker paru-paru yang dapat dilakukan agar terhindar dari kanker paru-paru adalah :

Menghindari merokok, dan mulai berhenti apabila telah merokok, karena rokok merupakan penyebab utama kanker paru-paru hindari ikut menghisap asap rokok (perokok pasif) bagi yang bekerja di industri yang menghasilkan polutan karsinogenik harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja.Gambar Pencegahan Kanker Paru-paru

Berolah raga secara teratur untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Melakukan pemeriksaan secara teratur terutama bagi yang berisiko tinggi, agar dapat terdeteksi secara dini.

Selain dengan pengobatan medis seperti radiasi, kemoterapi maupun operasi. Pengobatan kanker paru-paru dapat dibantu dengan menggunakan ramuan tumbuhan obat.

Demikian artikel tentang pencegahan kanker paru-paru semoga bermanfaat.

Click here for more information about "Pencegahan Kanker Paru-paru"

Wooww, very nice! I want to share this product!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Comment for Pencegahan Kanker Paru-paru

  1. iwa write comment at March 13th, 2014 - 11:53 am

    apakah obat kanker paru-paru sudah ada




Related post to Pencegahan Kanker Paru-paru


You might also likeclose