Home » Informasi Penyakit Paru-paru » Mengenal Penyakit Paru-paru Bolong

Mengenal Penyakit Paru-paru Bolong

Posted at April 13th, 2012

Penyakit Paru-paru Bolong biasanya disebabkan oleh kuman TBC yang sudah menyerang penderitanya. Ketika sudah menyerang penderitanya, si penderita tidak mencoba untuk menyembuhkan, sehingga kuman TBC itulah yang merusak paru-paru.

 

Mengenal Penyakit Paru-paru BolongRadang paru biasanya dikarenakan adanya jamur atau kuman dan jarang menimbulkan lubang. Bila paru-paru sampai bolong, berarti sudah terjadi infeksi yang berat. Itu kemungkinan dipicu oleh kuman TBC yang memang merusak dan menghancurkan jaringan paru, sehingga lama-kelamaan jaringan akan mati dan menimbulkan bekas berongga (cavity).

Kuman TBC yang membuat paru-paru bolong sedikitnya memerlukan waktu untuk menginfeksi minimal enam bulan dan awalnya memang didahului adanya peradangan. TBC bisa dikenali dengan mudah dari gejala-gejala TBC seperti di bawah ini:

  • Sering batuk darah
  • Batuk lebih dari dua minggu
  • Nafsu makan menurun sehingga berat badan berkurang
  • Meriang di sore hari
  • Cepat lelah, lesu, dan lemah
  • Berkeringat di malam hari

Jika kelainan parunya luas, akan terjadi sesak napas, pap TBC yang masih belum menjadi Paru-paru Bolong dan masih dalam stadium awal bisa masih bisa diobati.

Pengobatannya minimal selama enam bulan dan harus dilakukan secara teratur. Aturan ini, seringkali membuat pasien tidak sabar. Apalagi, setelah rutin diobati 1-2 bulan, gejala penyakitnya biasanya menghilang.

Kalau pengobatan kemudian tidak rutin, kuman akan menjadi kebal. Dan bila sewaktu-waktu kondisinya memburuk, obat-obatan yang ada menjadi tidak mempan lagi. Kalau sudah seperti itu kemungkinan besar penderita tidak bisa sembuh seumur hidup.

Selain itu juga lebih mengarah pada adanya kuman TBC yang dapat membuat paru-paru bolong. Kondisi itu, diperparah dengan kebiasaan merokok pasien yang tidak hilang, padahal dengan merokok semua penyakit bisa bertambah parah.

Karena itu semua dokter yang mengetahui pasiennya merokok, mereka pasti menganjurkan untuk berhenti merokok. Selain itu pasien TBC dan paru-paru bolong seringkali disarankan untuk biasa mengonsumsi makanan tinggi kalori dan protein, cukup istirahat serta tidak memaksa diri untuk berjalan terlalu jauh atau naik tangga sehingga merasa kecapekan.

Salah satu pencegahan untuk penyakit Paru-paru Bolong adalah membiasakan diri melaksanakan pola hidup sehat, dengan begitu semua penyakit tidak mudah masuk.

Click here for more information about "Mengenal Penyakit Paru-paru Bolong"

Wooww, very nice! I want to share this product!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Write your comment about Mengenal Penyakit Paru-paru Bolong




Related post to Mengenal Penyakit Paru-paru Bolong


You might also likeclose