Home » Informasi Penyakit Paru-paru » Mengenal Lebih Jauh TBC Paru-paru

Mengenal Lebih Jauh TBC Paru-paru

Posted at March 30th, 2012

TBC Paru-paru atau Tuberkulosis paru-paru adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini paling sering menyerang paru-paru walaupun pada sepertiga kasus menyerang organ tubuh lain dan ditularkan orang ke orang. Ini juga salah satu penyakit tertua yang diketahui menyerang manusia.

mengenal lebih jauh TBC paru-paruDi Indonesia setiap tahunnya bertambah dengan seperempat juta kasus baru TBC paru-paru dan sekitar 140.000 kematian terjadi setiap tahunnya disebabkan oleh TBC paru-paru. Bahkan, Indonesia adalah negara ketiga terbesar dengan masalah TBC paru-paru di dunia.

Survei prevalensi TBC paru-paru yang dilakukan di enam propinsi pada tahun 1983-1993 menunjukkan bahwa prevalensi TBC paru-paru di Indonesia berkisar antara 0,2 – 0,65%. Sedangkan menurut laporan Penanggulangan TBC Global yang dikeluarkan oleh WHO pada tahun 2004, angka insidensi TBC paru-paru pada tahun 2002 mencapai 555.000 kasus (256 kasus/100.000 penduduk), dan 46% diantaranya diperkirakan merupakan kasus baru.

Gejala Penyakit TBC Paru-paru

Gejala umum yang timbul pada penderita TBC Paru-paru diantaranya:

  • Demam tidak terlalu tinggi yang berlangsung lama, biasanya dirasakan malam hari disertai keringat malam. Kadang-kadang serangan demam seperti influenza dan bersifat hilang timbul.
  • Penurunan nafsu makan dan berat badan.
  • Batuk-batuk selama lebih dari 3 minggu (dapat disertai dengan darah).
  • Perasaan tidak enak (malaise), lemah.
  • bila terjadi sumbatan sebagian bronkus (saluran yang menuju ke paru-paru) akibat penekanan kelenjar getah bening yang membesar, akan menimbulkan suara “mengi”, suara nafas melemah yang disertai sesak.
  • Kalau ada cairan dirongga pleura (pembungkus paru-paru), dapat disertai dengan keluhan sakit dada.

Pencegahan TBC Paru-paru

Pencegahan TBC paru-paru sangatlah klasik yaitu dengan menjaga kesehatan dengan sebaik-baiknya sebagai daya pertahanan alam. Menjuhi sumber penularan. Selain itu bagi yang biasa kedokter, dapat juga minta penyuntikan vaksin BCG. Seorang ibu yang menderita TBC paru-paru, sebaiknya tidak menyusui anaknya selama belum sembuh.

TBC Paru-paru Dapat Kambuh Kembali

Seseorang yang sudah terkena TBC Paru-paru dan sembuh dapat terkena kembali. Hal ini dapat terjadi bila kontak dengan penderita TBC paru-paru lainnya masih ada, dan kondisi fisik serta lingkungan mendukung penyebaran penyakit TBC paru-paru.

Click here for more information about "Mengenal Lebih Jauh TBC Paru-paru"

Wooww, very nice! I want to share this product!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Comment for Mengenal Lebih Jauh TBC Paru-paru

  1. dodi write comment at January 9th, 2013 - 1:54 am

    adakah penyakit tbc yg tidak menular
    apakah penderita tbc harus di isolasi
    dengan mengkonsumsi rimstar selama 6 bulan apakah dapat sembuh ?
    sy didiagnosa kena penyakit TBC -, apakah dapat menuar pada isteri dan anak2 saya terutama anak saya yg masih balita
    sekarang u/ pengobatan mengkonsumsi rimstar sehari 4 butir
    mohon penjelasan




Related post to Mengenal Lebih Jauh TBC Paru-paru


You might also likeclose