Home » Penanganan » Kelainan Paru-paru dan Cara Mengatasinya

Kelainan Paru-paru dan Cara Mengatasinya

Posted at April 3rd, 2012

Kelainan Paru-paru merupakan kelainan yang terdapat pada paru-paru. Kelainan paru-paru ini disebabkan oleh beberapa macam. Diantara kelainan paru-paru adalah:

  1. Asma atau sesak nafas, yaitu kelainan paru-paru yang disebabkan oleh penyumbatan saluran pernafasan yang diantaranya disebabkan oleh alergi terhadap rambut, bulu, debu atau tekanan psikologis.
  2. Kanker Paru-paru, yaitu kelainan paru-paru atau gangguan paru-paru yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Penyebab lain adalah terlalu banyak menghirup debu asbes, kromium, produk petroleum dan radiasi ionisasi. Kelainan ini mempengaruhi pertukaran gas di paru-paru.
  3. Emphysema, adalah penyakit pembengkakan paru-paru karena pembuluh darahnya terisi udara.

Kelainan Paru-paru dan Cara MengatasinyaMengatasi Kelainan Paru-Paru

Upaya menghindari dan mengatasi Kelainan Paru-paru adalah dengan menjalankan pola hidup sehat, diantaranya:

  1. Mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara teratur
  2. Berolah raga dengan teratur
  3. Istirahat minimal 6 jam per hari
  4. Mengindari konsumsi rokok, minum minuman beralkohol dan narkoba
  5. Hindari Stress

Penanganan dan Pengobatan Penyakit Asma

Kelainan Paru-paru yang membuat susah nafas disebut nya penyakit Asma (Asthma). Penyakit asma sampai saat ini belum dapat diobati secara tuntas, ini artinya serangan asma dapat terjadi dikemudian hari. Penanganan dan pemberian obat-obatan kepada penderita asma adalah sebagai tindakan mengatasi serangan yang timbul yang mana disesuaikan dengan tingkat keparahan dari tanda dan gejala itu sendiri. Prinsip dasar penanganan serangan asma adalah dengan pemberian obat-obatan baik suntikan (Hydrocortisone), syrup ventolin (Salbutamol) atau nebulizer (gas salbutamol) untuk membantu melonggarkan saluran pernafasan.

Pada kasus-kasus yang ringan dimana dirasakan adanya keluhan yang mengarah pada gejala serangan asma atau untuk mencegah terjadinya serangan lanjutan, maka tim kesehatan atau dokter akan memberikan obat tablet seperti Aminophylin dan Prednisolone. Bagi penderita asma, disarankan kepada mereka untuk menyediakan/menyimpan obat hirup (Ventolin Inhaler) dimanapun mereka berada yang dapat membantu melonggarkan saluran pernafasan dikala serangan terjadi.

Demikianlah Kelainan Paru-paru dengan berbagai macam bentuk dan cara mengatasinya. Diharapkan kelainan paru-paru tidak menghinggapi tubuh Anda.

Sumber : blog.isi-dps.ac.id

Click here for more information about "Kelainan Paru-paru dan Cara Mengatasinya"

Wooww, very nice! I want to share this product!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg

Write your comment about Kelainan Paru-paru dan Cara Mengatasinya




Related post to Kelainan Paru-paru dan Cara Mengatasinya


You might also likeclose