Home » Penanganan » Hubungan Vitamin D dengan Kesehatan Paru-Paru

Hubungan Vitamin D dengan Kesehatan Paru-Paru

Posted at March 30th, 2012

Kesehatan Paru-paru sangatlah penting untuk tubuh, sebab jika paru-paru tidak sehat maka kemungkinan untuk sesak nafas sehingga menyebabkan meninggal lebih besar. Karena itu kesehatan paru-paru haruslah dijaga dengan baik dan salah satu caranya adalah dengan tidak merokok.

Hubungan Vitamin D dengan Kesehatan Paru-ParuDengan lebih banyak mengonsumsi Vitamin D, akan membuat kita lebih mudah untuk bernafas. Dari penemuan yang telah dipublikasikan seperti dilaporkan oleh Reuters, tampaknya akan menjadi kabar gembira untuk para perokok, penderita asma dan orang-orang yang mempunyai masalah kesehatan paru-paru atau saluran pernapasan.

Para peneliti di Universitas Auckland Selandia Baru menemukan bahwa orang-orang dengan tingkat vitamin D yang lebih tinggi di dalam sistem tubuh mereka memperlihatkan fungsi paru-paru yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tingkat vitaminnya rendah. Penemuan mereka muncul pada jurnal American College of Chest Physician edisi Desember tahun lalu.

Selain dari sinar matahari pagi, vitamin D dapat juga ditemukan di dalam makanan tertentu seperti hidangan yang berlapis lemak dan ikan gemuk seperti ikan salmon dan tenggiri yang mengandung cukup banyak suplemen yang dibutuhkan tubuh.”Walaupun terdapat hubungan tertentu antara fungsi paru-paru dan vitamin D, belum diketahui dengan jelas fungsi vitamin D sebagai suplemen atau jumlah makan yang sebenarnya akan meningkatkan Kesehatan Paru-paru pada pasien yang menderita penyakit saluran pernafasan kronis,” demikian menurut Dr. Peter Black, yang memimpin suatu penelitian.

Black, adalah seorang profesor di Universitas Departemen Kesehatan, dan timnya menganalisa informasi dari U.S. National Health and Nutrition Examination Survey, yang mana mengumpulkan data pada 14.091 orang dari tahun 1988-1994.

Hasil penelitian terbaru mereka menemukan bahwa orang-orang yang mempunyai tingkat vitamin D yang lebih tinggi dapat menghirup dan menghembus udara lebih banyak. Hubungan itu terlihat pada orang negro dan orang kulit putih non-Hispanic dan lebih kuat pada orang-orang tua diatas 60 tahun serta perokok. Orang negro Non-Hispanic dan suku Amerika-Mesiko menunjukkan tingkat vitamin yang lebih rendah bila dibandingkan dengan orang kulit putih.

Dr Rosalind Wright, seorang profesor di Harvard Medical School’s Departement of Society, Human Development and Health, mengatakan vitamin bisa menjadi cara mudah untuk menambah kesehatan paru-paru. “Vitamin D akan menjadi sederhana, dengan harga murah sepertinya akan menjadi pemenuhan tinggi untuk mencegah atau memperlambat kehilangan fungsi paru-paru pada sub kelompok yang rentan,” kata Wright, yang menulis editorial penelitian tersebut.

Wright menambahkan bahwa pengamatan lebih lanjut diperlukan untuk melihat mana yang paling banyak manfaatnya. Penelitian yang lain telah menunjukan bahwa Vitamin D dapat membantu memperkuat tulang dan juga dapat mencegah beberapa jenis kanker serta multi sklerosa dan yang lebih penting dapat menambah Kesehatan Paru-paru.

Sumber : erabaru.net

Click here for more information about "Hubungan Vitamin D dengan Kesehatan Paru-Paru"

Wooww, very nice! I want to share this product!
facebook
twitter
stumbleupon
Delicious
reddit
Digg
Tags »

Write your comment about Hubungan Vitamin D dengan Kesehatan Paru-Paru




Related post to Hubungan Vitamin D dengan Kesehatan Paru-Paru


You might also likeclose